Perkembangan Blog Islami

blog islami

Belakangan ini bertebaran website atau blog islami yang di buat oleh ustadz maupun orang awam, lalu pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah bisa kita mengambil ilmu dari blog tersebut?.

Jawabannya tergantung, maksudnya tergantung dari anda mau ambil ilmu sebagai full ilmu untuk di amalkan tanpa terlebih dahulu belajar atau anda hanya mencari referensi saja.

Cara Mengambil Manfaat Ilmu Dari Blog Islami

Untuk kasus yang pertama, atau anda memang benar akan mengambil ilmu tersebut murni hanya dari blog islami tersebut tanpa berguru ke ustadz, maka boleh dilakukan dengan syarat:

Anda membaca dan mengambil ilmu dari website islami yang terpercaya atau anda tahu siapa pengelola website tersebut.

Ambil contoh misalkan website rumaysho.com yang di kelola oleh ustadz abduh tuasikal atau anda baca website nu.or.id yang punya NU dan website semisalnya.

Dan jangan mengambil ilmu dari website yang tidak jelas pengelolanya, karena ilmu agama adalah ilmu yang pasti dan harus di ambil dari dalil sahih atas dasar pemahaman salafus shalih.

Untuk kasus kedua atau orang yang memang dia belajar kepada seorang ustadz dan ingin mengambil referensi lain maka boleh membaca website islami mana saja yang beliau inginkan, dan ini bisa untuk pembelajaran bagi beliau seperti memberikan komentar dan kritikan juga koreksi jika diperlukan pada website yang di bacanya tersebut.

Yang Perlu Diperhatikan Untuk Penuntut Ilmu

Belajar adalah dengan bertatap muka langsung dengan ustadz atau orang yang ahli di bidang ilmu agama, caranya adalah dengan mendatangi majelis taklim atau kajian yang di buat oleh ustadz tersebut.

Beginilah yang diajarkan oleh para salaf dahulu, yaitu dengan berguru dan mendatangi syeh nya secara langsung walaupun jarak beliau dengan sang guru adalah sangat jauh bahkan beda negara, tapi karena kecintaannya kepada ilmu mereka lakukan dengan penuh semangat dan belajar seperti ini akan mendatangkan keberkahan tethadap ilmu yang di dapat.

Apa Arti Ilmu yang Berkah dan Tidak Berkah?

Ilmu yang berkah adalah ilmu yang menambah rasa takut kita kepada Allah, dan ilmu yang berkah itu akan merubah kehidupannya kepada ketaqwaan, dengan kata lain dia bisa meninggalkan dosa dan maksiat, dan mudah untuk melakukan amalan, baik amalan wajib maupun sunnah.

Sedangkan ilmu yang tidak berkah adalah ilmu yang hanya menjauhkan penuntutnya dari ketaqwaan, malah cenderung kepada kesombongan, banyak dari kita yang banyak menghafal Al Qur’an, hafal Hadist dan tau berbagai ilmu syari tapi kelakuan dan amalnya jauh dari nilai nilai keislaman, kesenangan beliau adalah dengan berdebat dan memamerkan ilmu yang di punya.

Hal tersebut sangat jauh dari tujuan awal untuk apa kita belajar ilmu syari.

Dan jangan lupa untuk seorang penuntut ilmu adalah membaca doa sebelum belajar, karena doa ini penting untuk di panjatkan agar ilmu yang kita pelajari menjadi ilmu yang berkah dan di jauhkan dari ilmu yang tidak bermanfaat.

Demikian artikel singkat tentang cara menggunakan blog islami dalam tujuan untuk pengamalan, artikel ini di sadur dan bersumber dari blog islami seorang penuntut ilmu yang menuangkan ilmunya kedalam tulisan ke dalam website, silahkan baca artikel lainnya yang bermanfaat di alamat https://penaungu.com, banyak sekali artikel yang bisa kita ambil faidah nya di website tersebut. Semoga tercerahkan dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *