Ini Lho 4 Jenis Truk Populer Di Indonesia

Truk adalah kendaraan darat yang terdiri dari berbagai jenis. Armada transportasi ini biasanya digunakan untuk mengirim barang dalam jumlah besar ke berbagai kota. Di Indonesia, truk bisa disebut alat transportasi yang mudah ditemukan karena memudahkan pengiriman barang. Bahkan, ada pengguna yang menggunakan harga truk Mitsubishi untuk mengirimkan barang dari kota ke kota, yang meningkatkan jumlah truk.

Jenis truk di Indonesia

Armada angkutan truk yang digunakan di Indonesia memiliki berbagai jenis. Perbedaannya adalah dari jumlah as dan jumlah roda yang digunakan oleh truk. Selain itu, truk juga dapat dibedakan berdasarkan ukuran maksimum dan kapasitas pemuatannya. Berikut beberapa jenis truk:

Truck Pick-up

Pick-up adalah jenis truk terkecil dengan dua as roda dan empat roda. Volume maksimum pickup ini adalah 1 CBM dengan berat pemuatan maksimum 1,5 ton. Sebagai aturan, pick-up lebih sering digunakan untuk transportasi barang bergerak pada rute yang sempit dan tidak terlalu jauh. Mobil pick-up ini juga memiliki kerusakan yang relatif kecil, sehingga dapat dikatakan lebih aman.

Truk Diesel Cold Engkel (CDE)

Truk jenis ini hampir sama dengan pick-up dengan dua as dan empat roda. Yang membedakannya adalah kapasitas truk, yang memiliki beban maksimum 2 ton dengan 6 meter kubik CBM. Truk diesel dingin (CDE) atau buku jari truk sering disebut tidak hanya untuk mengirim barang, tetapi juga untuk mengangkut limbah.

Lihat Juga: Mobil Truk Kontainer

Truk Cold Diesel Double (CDD)

Truk ini biasa disebut truk berpacu dan memiliki dua as roda dengan enam roda. Truk berpacu ini masih terkait dengan truk pergelangan kaki dengan kapasitas lebih besar dan volume muatan yang lebih besar. Keuntungan dari truk berpacu ini adalah dapat mengangkut banyak barang karena telah diubah menjadi truk panjang CDD.

Truk fuso

Fuso adalah salah satu truk dengan kapasitas kubus terbesar dan melebihi kapasitas truk berpacu dengan 25 CBM dan berat maksimum 7 ton. Mitsubishi adalah produsen yang fokus mengeluarkan fusos dengan kelas ringan.

Ada beberapa jenis truk di Indonesia yang sering kita jumpai di jalan raya. Truk besar ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang mengirimkan barang antar kota yang tidak terlalu jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *