Mengenal Makam Firdaus Bandung, Kuburan dengan konsep wakaf

Makam Firdaus Bandung merupakan tempat pemakaman umum khusus muslim yang cukup unik.

makam firdaus bandung

Makam yang terletak Jalan HOS Tjokroaminoto nomor 143 Bandung, Jawa Barat ini terbilang unik karena tidak adanya biaya bulanan atau tahunan dan bahkan bisa gratis untuk orang yang tidak mampu.

Konsep dari pengelola makam firdaus ini memang sangat berdasar.

Latar belakang penggagas dan pembuat area makam ini lantaran pernah melihat seorang keluarga yang kehilangan anaknya akibat kesusahan biaya pengobatan lantas ditambah lagi kesusahan mengebumikan anaknya yang telah meninggal juga karena kurangnya biaya administrasi.

Di Bandung, dan kota-kota besar di Indonesia sudah rahasia umum bahwa mencari tempat pemakaman umum yang masih kosong sangatlah susah.

Jika ada pun harganya begitu tinggi dan seolah menambah duka bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.

Untuk mengurus jenazah agar bisa mendapatkan pertirahatan terakhir saja begitu menyedihkan padahal masih dalam keadaan berduka.

Itulah mengapa dibuatkan makam firdaus dengan konsep wakaf.

Makam Firdaus Bandung ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin berwakaf lahan makam.

Hingga saat ini, bahkan tidak hanya warga Bandung saja yang tertarik memberikan donasinya untuk makam firdaus ini bahkan sudah banyak dari kota Jakarta, Bogor, dan lain sebagainya.

Lalu, mengapa banyak orang berwakaf ?

Inilah yang menjadi keunikan makam firdaus dengan tempat pemakaman umum lainnya.

Selain hanya untuk jenazah muslim, pemakaman ini juga mengusung konsep wakaf.

Orang yang berwakaf atau disebut wakif akan memberikan sumbangan untuk orang dhuafa atau tidak mampu agar bisa mendapatkan lahan pemakaman yang bersih, rapi, dan tanpa ada pungutan biaya, dan juga mereka yang berwakaf juga mendapatkan lahan 2 kavling untuk keluarganya.

Dan untuk satu kavlingnya bisa untuk pemakaman 3 jenazah.

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang bisa diketahui dari uniknya konsep wakaf dari makam firdaus ini. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

Bebas biaya perawatan

Jika biasanya TPU biasa mengharuskan keluarga jenazah membayar sejumlah uang untuk biaya perawatan, maka di makam firdaus ini tidak ada biaya tersebut.

Sama seperti makam di Sandiegohills yang tidak di pungut biaya seterusnya

Uang yang diberikan diawal sebagai sumbangan atau wakaf tanah untuk orang yang tidak mampu sudah termasuk biaya perawatan area makam selamanya.

Hal ini bisa dilakukan lantaran sumbangan yang didapatkan sebagian akan diinvestasikan sehingga bisa membayar pekerja makam untuk selalu menjaga kerapian dan kebersihan area makam.

Area pemakaman luas

Makam firdaus ini memiliki lahan total sebesar 21 hektar.

Namun yang digunakan untuk area pemakaman hanya 10 hektar dengan pembagian 5 hektar untuk orang yang berwakaf dan 5 hektar diberikan kepada keluarga dhuafa secara cuma-cuma.

Sisa lahan lainnya juga digunakan untuk banyak hal misalnya digunakan untuk membangun masjid, pesatren, peternakan, persawahan, dan juga bahkan ada rumah bersalin gratis untuk masyarakat.

Fasilitas lain

Selain diberikan fasilitas perawatan area pemakaman dan juga dibukakan lahan untuk orang Islam yang akan beramal dengan cara membagikan lahan untuk orang tidak mampu, ada juga fasilitas lain yang didapatkan.

Makam firdaus juga akan memberikan layanan pemulasaran jenazah dengan cara yang benar sesuai anjuran agama dan juga fasilitas prosesi pemakaman.

Demikian tadi beberapa hal yang bisa dibagikan untuk mengenal Makam Firdaus Bandung.

Makam ini dikelola secara profesional dan bahkan memiliki website resmi sehingga memudahkan siapa saja yang ingin mendonasikan hartanya atau ingin mencari tahu tempat pemakaman islami yang gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *