Ini Syarat dan Keuntungan Menjadi Web Developer

Saat ini anda hidup di mana banyak keterampilan “tradisional” bukan lagi diminati. Pekerjaan lama bisa hilang dampak perkembangan teknologi. Situasi ini tentu menciptakan orang yang mempunyai kemampuan lama merasa khawatir bilamana keterampilan mereka tidak lagi dihargai seperti dulu. Karena itu mereka darurat belajar kemampuan baru, dan mengerjakan adaptasi, atau menuntaskan pekerjaan dengan gaji lebih rendah.

Di sisi lain, ada sejumlah keterampilan yang tumbuh dan berkembang sesuai permintaan pasar. Keterampilan yang bias memastikan pekerjaan dan kesempatan Anda bekerja sekitar bertahun-tahun hingga beberapa dekade mendatang. Salah satu kemampuan tersebut ialah menjadi seorang Web resource developer.

Bertentangan dengan keyakinan populer yang sudah ada, guna menjadi seorang Web resource developer, kita tidak membutuhkan gelar sarjana yang mewah dalam ilmu komputer.

Apa itu Web developer?

Web Developer adalah orang yang membina dan merawat situs web.

Dengan kata lain, mereka benar-benar membuat dan merancang website web. Untuk perusahaan yang mengharapkan pemakainya untuk bisa menikmati sekian banyak  fitur yang mereka mau tentu memerlukan sejumlah Web pengembang yang hebat, dan mereka mau mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk Web pengembang itu.

Tanggung jawab Web developer:

Menulis halaman web dengan kombinasi bahasa markup.

Membuat mockups dan prototip yang berkualitas.

Membangun website WordPress dari awal.

Memahami HTML dan CMS .

Memahami UI dan UX.

Mampu mengembangkan website web fungsional yang unik dan berbasis software web.

Melakukan pemeliharaan dan penyempurnaan website web.

Ini ialah hal yang sangat umum, namun tanggung jawab dan tugas Anda akan bervariasi tergantung pada kemahiran Anda sebagai seorang Web developer.

Untuk menjadi Web developer, terdapat 3 kriteria yang harus kita pahami:

Frontend Development, “Frontend” bersangkutan dengan tampilan yang berada di website web, seperti menu, dropdown, dll.

Backend Development, “Backend” seperti bagian dari gunung es yang sedang di bawah permukaan. Tanpa itu, situs tidak dapat bermanfaat dengan baik. Backend bersangkutan langsung dengan hal-hal seperti server, aplikasi, dan database.

Full-stack Development. Adalah orang yang dapat mengkombinasikan kedua hal di atas, yakni backend dan frontend development.

Mengapa Menjadi Web Developer?

Perkembangan web tidak akan pernah mati dalam waktu dekat, urusan ini menurut kenyataan yang diperoleh oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS yang memperkirakan bahwa kegiatan mengembangkan web sudah tumbuh sejumlah 27% dan diduga akan terus tumbuh sampai tahun 2024 mendatang.

Pekerjaan sebagai developer web pun menjadi kegiatan terpanas nomor 2 di tahun 2016. Jika kita mempunyai kemahiran ini, maka tidak akan sulit untuk Anda untuk mengejar pekerjaan di masa yang akan datang.

Berikut ialah beberapa keuntungan andai Anda menjadi web developer:

Anda bisa bekerja jarak jauh.

Sebagai developer web, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk bekerja dari jarak jauh, Dan barangkali Anda akhirnya bisa memenuhi khayalan bepergian keliling dunia, sambil menyimpan uang disaat yang bersamaan. Beberapa perusahaan Startup merealisasikan hal ini.

Membuat website web dan software web kita sendiri.

Dengan kemampuan ini, kita dapat menciptakan situs dan software web kita sendiri sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Dapat bekerja secara mandiri.

Jika mempunyai kemahiran ini, Anda bukan lagi harus bekerja pada orang lain. Anda bisa melepasnya dan mengawali bisnis sendiri yang jauh lebih mudah saat Anda telah memahami perkembangan web.

Itulah sejumlah cara menjadi seorang web pengembang yang hebat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *