Tanda Rambut Anda Mulai Rusak dan Cara Mengujinya

Tanda Rambut Anda Mulai Rusak dan Cara Mengujinya

Rambut bisa hadapi kehancuran akibat cahaya matahari, pemakaian cat serta perlengkapan pengering rambut, sampai metode menyisir yang salah. Sebagian orang apalagi baru menyadari kehancuran pada rambutnya kala telah parah. Guna menghindari akibat lebih lanjut, Kamu butuh mengidentifikasi apa saja ciri rambut rusak serta metode mengujinya dengan menggunakan perawatan rambut setelah smoothing.

Isyarat rambut yang rusak

Kehancuran pada rambut bisa dideteksi lewat sebagian aspek, di antara lain bersumber pada corak, kelembapan, kelenturan, dan kekuatan rambut. Berikut merupakan sebagian keadaan yang butuh Kamu was- was:

1. Rambut kerap kusut

Rambut mempunyai susunan pelindung yang diucap kutikula. Kutikula yang terdapat pada rambut rusak umumnya sudah terlepas serta patah membentuk ujung yang tajam.

Ujung kutikula pada satu helai rambut kesimpulannya bergesekan dengan kutikula rambut lain sehingga buatnya kusut.

Kelembapan rambut yang rusak pula tidak sebaik rambut yang sehat. Minimnya kelembapan membuat helai rambut lebih susah lepas begitu telah berikatan satu sama lain. Dampaknya, rambut jadi terus menjadi kusut serta susah diatur.

2. Rambut kering serta kusam

Ciri lain yang kerap nampak pada rambut rusak merupakan kering serta kumal. Keadaan ini terjalin sebab rambut sudah kehabisan minyak natural yang berperan bagaikan pelembap. Rambut kesimpulannya tidak cuma jadi kering, tetapi pula kehabisan kilau alaminya.

Umumnya, penciptaan minyak natural rambut menurun akibat metode menjaga rambut yang galat. Rambut lebih berisiko jadi kering serta kumal apabila Kamu sangat kerap keramas, mewarnai rambut, serta memakai perlengkapan yang menciptakan panas besar.

3. Rambut patah serta bercabang

Bila rambut Kamu patah dikala disisir ataupun apalagi kala disusuri dengan jari, dapat ditentukan kalau rambut Kamu sudah rusak. Begitu susunan kutikula rambut sudah rusak, kelenturan rambut juga hendak ikut menurun sehingga menjadikannya gampang patah.

Tidak hanya patah, berkurangnya kelenturan rambut pula membuat ujung rambut jadi bercabang. Coba amati ujung rambut Kamu; apabila ujungnya dibagi jadi 2, berarti Kamu wajib lebih memerhatikan kesehatan rambut mulai saat ini.

4. Rambut mengembang

Susunan kutikula rambut mempunyai banyak guna, salah satunya mengunci kelembapan tiap helai rambut. Kala susunan kutikula rusak, rambut hendak lebih gampang kehabisan kelembapannya. Rambut juga jadi lebih kering, ringan, serta mengembang.

Rambut mengembang pula jadi ciri kalau segala susunan pelindungnya sudah rusak. Perihal ini menimbulkan serat bagian dalam rambut terpapar area luar secara langsung. Serat- serat ini juga jadi lebih rentan terhadap kehancuran lebih lanjut.

5. Rambut menipis

Menipisnya helai rambut merupakan ciri sekalian akibat berkelanjutan dari rambut yang rusak. Tetapi, penyebabnya tidak senantiasa berasal dari kerutinan menjaga rambut yang galat. Tekanan pikiran serta pola makan yang salah pula dapat jadi pemicunya.

Hormon tekanan pikiran membatasi banyak guna dalam badan, tercantum perkembangan rambut. Sedangkan konsumsi vit yang kurang menimbulkan rambut tidak dapat berkembang secara sehat serta maksimal. Akibatnya, rambut lebih gampang rusak.

Metode menguji rambut yang rusak

Kamu bisa mengetahui kehancuran rambut dengan sekilas memandang tanda- tandanya. Buat membenarkan sepanjang apa kehancuran rambut yang Kamu natural, berikut sederet metode yang dapat Kamu jalani:

1. Uji penyerapan air

Rambut rusak lebih gampang meresap air sebab helainya sudah patah. Cabutlah tiap- tiap sehelai rambut dari kepala bagian atas, samping, serta balik, kemudian jatuhkan ke permukaan air. Bila rambut tenggelam, maksudnya rambut sudah rusak.

2. Uji porositas

Uji ini memastikan keadaan susunan kutikula. Triknya, jepit sebagian helai rambut di antara jari tengah serta telunjuk, kemudian susuri dari pangkal sampai ujungnya. Bila rambut terasa agresif serta tidak seragam, ini merupakan ciri rambut Kamu sudah rusak.

3. Uji tarik

Uji ini buat memastikan kelenturan rambut. Basahi 3 helai rambut Kamu, jepit ujungnya dengan bunda jari serta telunjuk, kemudian tarik lama- lama. Bila rambut tidak dapat memanjang( meregang), ataupun apalagi langsung putus, maksudnya rambut Kamu sudah rusak.

4. Uji ketebalan rambut( spesial rambut yang dapat dikuncir)

Kamu dapat mengenali apakah rambut Kamu sudah menipis dengan uji ini. Triknya, kuncirlah rambut Kamu dengan ikat rambut. Bila Kamu butuh 3 kali ataupun lebih mengikat( sebaliknya tadinya 1- 2 telah lumayan), maksudnya rambut Kamu mulai menipis.

Rambut rusak merupakan salah satu permasalahan yang sangat kerap timbul, tetapi susah ditangani. Tanpa perawatan yang pas, rambut rusak bisa memunculkan permasalahan lebih lanjut semacam rontok sampai kebotakan.

Saat sebelum ciri rambut rusak mulai timbul, cobalah amati kembali metode Kamu menjaga rambut sepanjang ini. Sebisa bisa jadi, jauhi kerutinan yang bisa mengganggu rambut serta cobalah mencari metode perawatan yang pas cocok jenis rambut Kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *