Waktu Yang Tepat Untuk Service Ganti Oli Dan Ban Motor

Service Ganti Oli Dan Ban Motor merupakan salah satu hal yang wajib untuk anda lakukan secara rutin. Apalagi jika anda menggunakan sepeda motor dalam beraktifitas untuk kebutuhan rutinitas bekerja. Namun, karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, seringkali kewajiban ini terlupakan oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, banyak orang yang sering melewatkan waktu service motor mereka jauh dari waktu yang seharusnya.

Apabila service motor sering terlewatkan, lama kelamaan motor anda akan semakin bermasalah. Dan jika masalah ini dibiarkan semakin lama maka dapat terjadi kerusakan yang fatal pada motor anda. Bukannya service motor, anda malah harus turun mesin yang menghabiskan lebih banyak biaya dibandingkan service ganti oli dan ban yang terbilang terjangkau. Service motor juga harus dilakukan secara menyeluruh agar motor dapat digunakan secara maksimal nantinya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai waktu yang tepat untuk melakukan service ganti oli dan ban untuk kebutuhan perawatan motor anda. Simaklah penjelasannya berikut ini.

 

Waktu Yang Tepat Melakukan Service Ganti Oli Dan Ban Motor

service ganti oli dan ban motor

Dalam melakukan service / perawatan motor, terdapat beberapa patokan untuk menentukan waktu yang tepat dalam melakukan service tersebut. Beberapa patokan tersebut diantaranya :

1. Menyesuaikan dengan bulan terakhir servis

Salah satu hal yang dapat anda jadikan patokan dalam memilih waktu yang tepat melakukan service motor adalah dengan menyesuaikan jadwal rutin service motor anda, yaitu dengan berpatokan pada bulan terakhir anda melakukan service. Umumnya, service motor dapat anda lakukan setiap 2 – 3 bulan sekali dalam setahun. Supaya anda tidak lupa, anda dapat membuat catatan di kalender atau smartphone anda untuk mengingat kapan terakhir kali anda melakukan service motor. Jangan sampai anda melewatkan bulannya, agar seluruh komponen motor anda tidak mengalami kerusakan yang signifikan.

 

2. Melalui interval speedometer

Selain melalui patokan bulan terakhir anda melakukan servis, anda dapat melakukan perawatan terhadap motor anda dengan berpatokan pada angka yang ada pada speedometer anda. Angka yang ada pada speedometer anda menunjukkan sudah seberapa jauh jarak yang anda tempuh dengan menggunakan sepeda motor tersebut. Jarak ini juga dapat menunjukkan seberapa jauh mesin motor anda bekerja. Dengan menggunakan patokan ini, anda dapat melakukan service motor setiap interval 2000 – 3000 km di speedometer motor anda. Jangan lupa juga melakukan ganti oli motor supaya performa mesin motor anda menjadi semakin lebih baik dan optimal.

 

3. Saat terdapat masalah pada motor

Waktu yang tepat melakukan service motor yang terakhir adalah ketika motor anda sedang bermasalah. Sangat disarankan bagi anda untuk melakukan service motor ketika anda menemukan ada yang tidak beres dengan motor anda, entah itu pada filter, busi, karburator, atau komponen – komponen lainnya. Keterlambatan penanganan komponen yang mengalami kerusakan dapat berakibat fatal pada komponen – komponen yang lain. Hal tersebut karena antarkomponen yang ada didalam motor saling terhubung antara satu sama lain. Jadi, segera lakukan service motor apabila memang ada yang tidak beres dengan motor anda.

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk melakukan service ganti oli dan ban motor. Anda dapat memilih sendiri waktu yang tepat dan sesuai dengan keinginan anda. Namun yang pasti anda harus segera melakukan perawatan motor apabila ada yang tidak beres dengan motor anda, supaya nantinya komponen – komponen yang lain tidak ikut rusak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *