Cara Menulis Artikel yang Baik dan Berkualitas dengan Mudah

Menulis merupakan suatu bidang keahlian yang dianggap mudah dan hampir setiap orang mampu untuk melakukannya. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa menghasilkan tulisan artikel yang baik dan berkualitas. Untuk itu, tulisan ini menginformasikan cara menulis artikel yang baik agar menghasilkan tulisan yang berkualitas

1. Tentukan Target Pembaca

Sejak awal, penulis harus mengetahui siapa target pembaca artikel. Penulis tentunya akan lebih mudah menentukan gaya bahasa penulisan dan jenis konten yang akan disampaikan. Dengan demikian, pembaca tidak bosan membaca dari awal sampai akhir artikel.

2. Temukan ide tulisan

Ide bisa datang di sela aktivitas sehari-hari seperti saat perjalanan, berkumpul bersama teman, makan, bekerja, berbelanja, membaca, dan menonton. Setiap ide muncul, catat di buku catatan atau handphone sebagai bank idea. Jangan sampai seorang penulis kekeringan ide saat menulis.

3. Buat Judul yang Menarik

Judul yang menarik yaitu judul yang mampu membangkitkan perasaan pembaca. Memang bukan hal yang mudah, akan tetapi dapat diasah dengan berlatih menyusun kalimat judul yang pas dan menarik. Bisa juga dengan cara sering membaca tulisan artikel yang memiliki banyak pembaca.

4. Kumpulkan Bahan Tulisan

Seorang penulis bisa mengumpulkan bahan tulisan dengan riset, wawancara, dan observasi. Ketiga cara ini saling melengkapi untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Sumber bahan tulisan tentunya terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan. Unsur W1+1H yaitu who, what, when, when, where, why, dan how dibutuhkan dalam tahap ini.

5. Buat Kerangka Tulisan

Kerangka tulisan memudahkan penulis untuk mengalirkan isi artikel. Di tahap ini, penulis dapat memetakan tulisan pada setiap bagian. Bagian paragraf pertama sebagai pembuka artikel yang menarik, isi yang informatif, dan penutup yang menggigit.

6. Gunakan Kalimat yang Efektif

Artikel yang baik dan berkualitas tentu dengan menggunakan kalimat yang mudah dicerna, tajam, dan sesuai tujuan.  Bukan kalimat yang kemana-mana dan berkembang tidak berarah.

7. Lakukan Editing

Cara menulis artikel yang baik di bagian terakhir yaitu editing atau penyuntingan. Setelah artikel selesai, penulis wajib membaca kembali tulisan yang dibuat. Pastikan artikel tidak ada kesalahan penulisan dan makna dari setiap kalimat.

Mudah bukan cara menulis artikel yang baik dan berkualitas? Lakukan latihan sesering mungkin sehingga menjadi kebiasaan yang terjadi secara alamiah. Namun, apabila memerlukan artikel yang berkualitas dan tidak memiliki waktu yang cukup, jasa penulis artikel bisa menjadi pilihan.