Destinasi Wisata Terkenal di Kota Busan

Busan adalah kota terbesar kedua di negara Korea Selatan setelah ibukota Seoul. Dengan populasi mencapai 3,5 juta jiwa, kota dengan luas sekitar 770 kilometer persegi ini memiliki kepadatan penduduk sekitar 4.500 kilometer persegi. Kota Busan juga merupakan pusat ekonomi, budaya, dan pendidikan di wilayah tenggara negara Korea Selatan.

Sebagai salah satu kota industri dan pusat perdagangan di Korea Selatan, Busan memiliki banyak sekali tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Beberapa orang menyebut kota Busan sebagai summer capital of Korea atau ibukota musim panas Korea. Hal tersebut karena biasanya ketika musim panas tiba, banyak masyarakat dari berbagai penjuru Korea akan pergi ke Busan untuk berlibur ke berbagai pantai dan tempat wisata yang ada disana.

Banyak sekali tempat wisata yang ada di Busan, mulai dari wisata belanja hingga wisata alam. Tempat-tempat tersebut menjadi atraksi yang banyak menarik perhatian wisatawan baik dari Korea sendiri maupun dari mancanegara. Berikut ini merupakan beberapa destinasi wisata terkenal yang ada di Kota Busan:

Busan Tower

Busan Tower merupakan salah satu landmark dari Kota Busan. Menara setinggi 120 meter ini berada di area Yongdusan Park di distrik Jung-gu. Bangunan ini didirikan sejak tahun 1973, dan dibangun sebagai landmark kota Busan. Tidak seperti tower pada umumnya, Busan Tower tidak dipasangi dengan transmitter untuk televisi maupun radio. Pada bagian puncak Busan Tower, pengunjung dapat melihat keseluruhan pemandangan kota Busan.

Yongdusan Park

Yongdusan Park adalah salah taman yang di dalamnya terdapat Busan Tower. Taman ini merupakan lokasi wisata yang mencakup area sekitar 69 ribu meter persegi. Di area taman tersebut, setidaknya tumbuh sekitar 70 spesies pohon yang berbeda-beda. Selain Busan Tower, di area Yongdusan Park juga terdapat patung Admiral Yi Sun-sin, pahlawan Korea pada abad ke 16. Disamping itu, juga terdapat museum World Folk Instrument dan Exhibition Hall of World Model Boats.

Nampo-dong

Nampo-dong merupakan area wisata belanja yang ada di Kota Busan. Terletak di distrik Jung, Nampo-dong adalah salah satu destinasi wisata bagi banyak turis yang ingin berbelanja berbagai macam merchandise K-Pop. Daerah Nampo-dong dibuat dengan konsep ruang terbuka dan pemandangan berbagai toko dan cafe di sepanjang jalan. Selain itu seringkali ada live musik di sepanjang area belanja ini. Umumnya, Nampo-dong banyak menarik wisatawan dari Jepang, Rusia dan beberapa negara barat.

Desa Budaya Gamcheon

Desa Budaya Gamcheon merupakan salah satu destinasi wisata di Busan yang menawarkan pemandangan unik. Keunikan yang ada pada desa ini adalah pemandangan warna-warni pada rumah-rumah penduduk yang dicat dengan beragam warna yang indah. Selain itu, tak hanya pemandangan saja, di desa juga terdapat berbagai galeri seni, karya mural, hingga museum mini. Berbagai street food di area desa juga siap menemani perjalanan para pengunjung mengelilingi desa Gamcheon.

Pantai Haeundae

Pantai Haeundae merupakan pantai yang sangat terkenal di Korea Selatan. Pantai ini sering dijuluki sebagai pantai paling terkenal dan populer di seluruh penjuru Korea. Dengan area pasir putih sepanjang 1,5 kilometer dan lebar antara 30 hingga 50 meter, menjadikan Haeundae begitu ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, di pantai Haeundae sering diadakan berbagai festival dan kegiatan yang menarik banyak pengunjung. Sebagian dari area pantai Haeundae juga merupakan venue untuk festival film bergengsi yaitu Busan International Film Festival.

Banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi kota Busan. Terlebih lagi dengan kepopuleran film horor Train to Busan (2016), kota Busan semakin menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. Berbagai agen wisata-pun juga menawarkan berbagai macam paket wisata Asia dengan Busan sebagai salah satu destinasi utamanya.