Jenis Bunga Sedap Malam

Jenis Bunga Sedap Malam

Siapa yang tidak tahu dengan bunga nikmat malam, bunga yang kerap di asosiasikan dengan keadaan yang bertabiat misterius. Tidak hanya dekat dengan keadaan yang beraroma misterius, nikmat malam pula kerap dipakai buat upacara- upacara keimanan di Indonesia. Umumnya digunakan pula bagaikan riasan pada seremoni perkawinan.

Selanjutnya ini terdapat sebagian tipe bunga nikmat malam yang bisa jadi saja belum kita ketahui. Tipe- tipe yang lazim dipakai bagaikan susunan bunga ataupun tipe yang bisa diekstrak serta dijadikan minyak elementer ataupun bisa jadi yang dapat kita peruntukan bagaikan bunga potong. Tipe apa saja? Apakah perawatannya sama dengan cara merawat anggrek? Ayo kita amati tetapi tadinya kita kenali dahulu asal serta sejarahnya.

Asal serta Sejarah

Nikmat malam merupakan tumbuhan endemik dari Amerika tengah serta selatan Mexico serta sepanjang era ke- 16 tumbuhan nikmat malam menabur ke bermacam bagian dunia. Nikmat malam merupakan tumbuhan awal kali yang dibudidayakan oleh Kaum Aztec. Mereka sudah menanamkan tumbuhan ini dekat 600 tahun yang kemudian.

Kaum Aztec mengatakan bunga ini dengan gelar omixochiti yang berarti“ bunga tulang”. Lagi di sebagian negeri bunga nikmat malam mempunyai gelar yang berlainan. Di India bagian timur diucap dengan ratkirani yang berarti“ istri raja malam”. Jauh saat sebelum terdapatnya sistem penjulukan botani Tuberosa polianthes, dahulu kurang lebih tahun 1601 dikenal Hyacinthus indicus tuberosa radice.

Bangsa Spanyol menciptakan kalau kaum Aztec sudah menanamnya di tahun 1519, serta mereka membawanya ke Eropa. Bunga ini pula hingga ke Perancis dibawa oleh seseorang pendakwah yang kembali dari Hindia. Dikala ini nikmat malam banyak dibudidayakan di Maroko, Komoro, India serta Cina serta dipakai buat pabrik minyak wangi.

Dongeng mengenai Nikmat malam

Nikmat malam kerap dikira bagaikan tumbuhan bunga yang mempunyai kemistisan serta mukjizat. Apalagi bagi dongeng, madu dari bunga nikmat malam mempunyai daya yang eksklusif, dan aroma dari bunga nikmat malam bisa menenung siapa saja yang menjumpainya.

Satu cerita di era renaissance di Itali, seseorang wanita yang belum menikah dilarang buat berjalan melampaui halaman di tempat bunga nikmat malam ditanam supaya para perempuan tidak terhampar oleh kekokohannya yang memabukan serta laki- laki tidak kecanduan oleh aromanya bunganya. Para wanita yang belum menikah itu bisa terhampar oleh harum bunga nikmat malam yang memabukkan.

Bila perempuan yang mengucurkan harum bunga melati bisa menampilkan kebahagiaan pada orang yang mengesun aromanya, kebalikannya bunga nikmat malam dikira bisa memicu asmara pada perempuan yang mengucurkan aromanya. Sebaliknya di Indonesia bila kita mengesun harum bunga nikmat malam di malam hari dikira terdapat mahluk lembut yang melalui ditempat harum bunga itu terhirup.

Tipe- tipe Nikmat Malam

Diperkirakan terdapat dekat 5 simpati genus dengan genus Poliantes, bagi informasi 2 simpati genus berawal dari Mexico serta Amerika tengah. Dari jumlah mulanya, 9 genus mempunyai bunga putih, satu bercorak putih dengan merah serta 2 bercorak merah. Melainkan Polianthes tuberosa L., seluruhnya ditemui berkembang di alam buas.

Terdapat 4 jenis nikmat malam yang dikenal bersumber pada jumlah kelopak yang dipunyai tiap bunga, ialah bunga dengan cuma satu baris kekuasaan bunga ataupun diucap single. Kemudian terdapat yang dikenal dengan semi- double, double serta yang variegata.

Tipe Single

Bunga tipe ini mempunyai kekuasaan bunga yang jumlahnya cuma satu baris. Nikmat malam tipe ini aromanya amat kokoh serta banyak didapat bunganya dijadikan minyak elementer, ataupun didapat ekstraknya. Jenis bunga ini mempunyai aroma yang kokoh dibanding dengan yang mempunyai 2 kekuasaan.

Bunganya umumnya dipakai buat riasan, serta yang dipakai umumnya merupakan yang hijau keputih- putihan. Selanjutnya ini yang tercantum tipe nikmat malam dengan kekuasaan single ialah, Mexican Single, Kalyani Single, Shrinagar, Prajwal, arka Nirantara, Rajat Rekha, Hyderabad Single, Calcutta Single, Phule Rajani, Kahikuchi Single, serta Pune Single. Terdapat sebagian tipe yang popular, di antara lain:

1. Shringar

Nikmat malam tipe ini mempunyai aroma yang kokoh serta keras, kira- kira menusuk. Kuncup bunganya mempunyai corak sedikit merah belia, umumnya dipakai buat riasan dalam wujud rentengan. Bunga tipe ini amat gampang cacat, alhasil wajib di tangani dengan hati- hati.

Nikmat malam tipe Shrigar ini amat digemari orang tani serta pabrik minyak wangi.

2. Prajwal

Nikmat malam tipe ini merupakan nikmat malam hibrida, menciptakan tipe bunga tunggal dengan batang yang kelu serta besar. Tipe ini ialah persimpangan dari Shrigar serta Single Mexico. Hibrida ini diluncurkan oleh Badan Riset Holtikultura India( IIHR). Kuncup bunga mempunyai corak kira- kira merah belia, sebaliknya bunganya bercorak putih. Kuncupnyalebih besar dibanding dengan single lokal.

3. Single Mexican

Nikmat malam

Meksiko Single merupakan tipe yang sangat terkenal serta banyak dipakai bagaikan bunga potong serta bagaikan minyak wangi. Nikmat malam Mexico bercorak putih, bunga berkembang dengan jarak yang celah di tiap batangnya yang bisa berkembang tinggi

3 hingga dengan

4 kaki. Daunnya bercorak hijau berumur serta nampak semacam rumput.

Tipe Semi- Double

Nikmat malam tipe ini mempunyai 2 sampai

3 baris kekuasaan bunga dengan batang yang lurus. Bunganya bercorak putih, lazim dipakai buat bunga potong tidak hanya itu pula bisa didapat ekstraknya. Indonesia sukses mengembangbiakan tipe Semi- double yang dikenal dengan Roro Kalem.

Roro Anteng

Tipe Roro Kalem mempunyai kepribadian yang istimewa dengan corak kemerahan diujung bunga, harum yang menyebar, batang yang perkasa serta tidak gampang patah dan tidak gampang alum. Anak cabang bunganya lebih jauh dengan jumlah bunga lebih banyak.