Mengenal Bisnis Make Up Artist yang Menguntungkan

Make up artist atau yang biasa disebut dengan MUA merupakan sebuah pekerjaan yang  menawarkan jasa untuk mengubah penampilan berbagai pelanggan sesuai dengan yang mereka inginkan. Perubahan ini dibuat oleh kombinasi rias wajah, peralatan make up, dan bakat artist itu sendiri. Bisnis make up artist merupakan bagian penting dalam mengisi komunitas dengan keyakinan, semangat, dan kebanggaan dengan membuat mereka merasa lebih baik tentang penampilan mereka atau mencapai tampilan tertentu.

Make up artist merupakan sebuah bisnis yang sangat ideal bagi mereka yang sangat terampil dalam merias wajah untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Mereka yang memiliki keterampilan artistik merasa lebih mudah untuk beralih ke bidang pekerjaan ini, sementara siapa pun yang memiliki pengalaman kerja sebelumnya di industri kosmetik akan dapat memulai bisnis mereka sendiri dengan lebih mudah.

Hal apa saja yang dilakukan dalam sebuah bisnis make up artist?

Setiap harinya, para pelanggan pastinya akan meminta pelayanan yang berbeda. Beberapa pelanggan menginginkan make up yang sederhana, seperti bedak dan lipstik agar terlihat bagus untuk satu acara, sementara yang lain mungkin menginginkan perubahan yang lebih permanen seperti bulu mata palsu. Pada hari yang sibuk, sebagian besar waktu Anda dihabiskan untuk membantu pelanggan individu. Ketika tidak terlalu banyak pesanan jasa make up, Anda dapat memesan dan menerima persediaan makeup baru, mengiklankan bisnis Anda, dan menjalin hubungan dengan orang lain di industri kosmetik.

Selain itu, Anda mungkin juga menghabiskan waktu bepergian ke lokasi-lokasi seperti film atau televisi, kelompok teater, dan sejenisnya untuk mempelajarhi beberapa teknik, seperti riasan wajah horor, dan lain sebagainya.

Target pasar

Sementara orang-orang dari semua jenis kelamin dan usia mungkin menginginkan layanan Anda, demografi utama Anda adalah wanita muda berusia antara lima belas dan tiga puluh tahun.

Bagaimana bisnis penata rias menghasilkan keuntungan?

Pada umumnya, seorang penata rias menghasilkan keuntungan dengan memberikan harga tetap untuk berbagai layanan tata rias yang berbeda. Anda juga dapat menghasilkan keuntungan dengan menjual perlengkapan makeup dan penyewaan baju.

Kemampuan apa saja yang harus dimiliki?

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap pengalaman sebelumnya dalam industri kosmetik sangat membantu dalam membangun bisnis Anda. Meskipun tidak diperlukan, pendidikan formal apa pun melalui sekolah kecantikan atau program kosmetik lainnya juga dapat membantu mengembangkan kemampuan ini. Akhirnya, pengalaman pribadi yang luas dengan mencoba berbagai jenis riasan dan membantu orang lain menerapkan riasan akan memberikan banyak pengalaman yang Anda butuhkan.

Tips menjalankan bisnis make up artist

Jika memungkinkan, cobalah bekerja untuk penata rias lain sebelum Anda memulai bisnis ini sendiri. Hal ini memberi Anda banyak pengalaman berharga tentang apa yang harus dan tidak seharusnya Anda lakukan. Jangan takut untuk menjadikan teman dan keluarga Anda beberapa pelanggan pertama Anda dan mereka pastinya akan membantu mengiklankan bisnis Anda. Selain itu, jangan lupa teknik bisnis yang lebih tradisional seperti mendata pelanggan Anda dan mengirim email promosi kepada mereka. Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah company profile tentang bisnis Anda. Untuk melakukan hal tersebut, banyak pebisnis make up artist menggunakan jasa pembuatan website professional yang ada di kota mereka.

Cara mempromosikan bisnis make up artist

Anda harus menggunakan media tradisional untuk memasarkan bisnis Anda seperti melalui iklan surat kabar dan radio (terutama ketika Anda pertama kali membuka bisnis ini). Anda juga dapat mempertimbangkan bekerjasama dengan industri lain yang berdekatan untuk membantu beriklan satu sama lain di toko Anda masing-masing. Pastikan Anda banyak beriklan melalui media sosial seperti Instagram karena Anda dapat menunjukkan hasil rias Anda dengan lebih sempurna melalui platform ini.