Menjelajah Kebun Binatang Surabaya

Nah, kalo sudah membahas soal objek wisata di kota pahlawan Surabaya, nama pertama yang melintas di pikiran kita kemungkinan besar adalah kebun binatang Surabaya. Tempat pemeliharaan hewan yang berukuran 15 hektar ini, seolah telah menjadi ikon pariwisata kota pahlawan.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya, dengan koleksi lebih dari 300 jenis satwa, bahkan sempat disebut sebut sebagai kebun binatang terlengkap di asia tenggara. Kini berbagai perbaikan, penyempurnaan, dan penambahan fasilitas telah di lakukan oleh kebun binatang Surabaya. Kalo ingin kesini bisa dengan travel surabaya malang murah.

Yang terpenting dari semua kelebihan itu, walau sudah semakin mempercantik dan meningkatkan fasilitas, kebun binatang Surabaya tetap mematokkan harga tiket yang terjangkau. Harga yang murah dan terjangkau. Nama kebun binatang Surabaya di pakai karena kebun binatang dengan koleksi terlengkap di asia tenggara ini berada di kota Surabaya.

Alamat kebun binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya berlokasi di jalan setail no.1, darmo, wonokromo, Surabaya.

Rute menuju kebun binatang Surabaya

Jika berangkat dari arah malang atau pasuruan, bisa melalui jalan tol porong-surabaya, lalu keluar di pintu gerbang tol waru, serta ikuti paduan menuju ke waru. Ambil jalur kiri, setelah itu akan menjumpai mall city of tomorrow (CITO), dan lurus saja menuju arah pusat kota Surabaya di jalan ahmad yani. Dari arah jalan ini, lurus saja sampai terminal joyoboyo, dan kebun binatang Surabaya berada setelah terminal tersebut, yang terletak di sebelah kiri jalan.

Kebun binatang ini sangat mudah di capai dari terminal bus antar-kota di bungurasih, stasiun kereta api wonokromo, stasiun gubeng, stasiun pasar turi, bahkan dari bandara internasional juanda.

Kita bisa menggunakan angkutan kota yang melewati jalan ciliwung menuju ke terminal joyoboyo, turun di antara jalan setail dan cukup berjalan kaki sekitar dua menit.

Jam buka kebun binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya di buka untuk kunjungan umum setiap hari. Pada hari-hari kerja kebun binatang buka mulai jam 08.00 sampai 16.00 wib. Sementara pada akhir pekan kebun binatang ini buka mulai pukul 07.00

Harga tiket kebun binatang Surabaya

Harga tiket masuk kebun binatang Surabaya 2019 ini tidak ada perubahan dari harga 2018. Untuk masuk ke area kebun binatang dikenakan tiket seharga 15.000, untuk anak kecil tidak di kenakan biaya.

Fasilitas kebun binatang Surabaya

Demi kenyamanan pengunjung, kebun binatang Surabaya ini telah di tambah dengan jenis fasilitas pendukung. Seperti pedagang mainan, perpustakaan, jembatan pantau, spot foto untuk kenang kenangan.

Fasilitas barunya berupa jogging track yang cukup panjang juga telah selesai di bangun di kebun binatang Surabaya. Ke depannya, kebun ini berencana melengkapi dengan plaza dan central park serta terhubung dengan depot rem di sebelah selatan.

Untuk fasilitas rekreasi yang sangat cocok untuk anak seperti flying fox, wisata perahu, outbound, berenang di kolam renang, bungee trampoline, bom-bom car, serta berfoto di taman selfi yang kece.

Wahana kebun binatang Surabaya

Ada berbagai wahana wisata disini yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke Surabaya. Semua wahana di sini didesain untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung. Wahana yang bisa nikmati seperti:

  • Animal edutainment 
  • Tunggang satwabeberapa satwa yang bisa di tunggang yaitu berupa tunggang gajahonta dan kereta onta
  • Kids zoo, disini berisi satwa kecil dan jinakJadi bisa langsung di pegang atau pun menggendong satwa yang ada 
  • Fedding time and keeper talk, salah satu atraksi yang menarik adalah proses pemberian makan pada binatangkhususnya binatang karnivora.
  • Setiap atraksi waktunya 30 menitkecuali untuk binturong, buaya dan komodo yang waktunya 1 jam. 
  • Perpustakaanterdapat berbagai macam buku pengetahuan tentang binatang yang dapat membuat wawasan kita lebih luasDisini  terdapat sekitar 1.500 bukuJenis bukunya pun bermacam macam.  Ada buku tentang fauna dan satwa. Ada pula buku pengetahuan umum 
  • Jalur jogging, Arena rekreasiJembatan pantau, Spot foto di kebun binatang Surabaya.

Sejarah kebun binatang Surabaya

Kebun binatang ini berdiri pada bulan agustus 1916, dengan nama soerabiasche plantenen dierentuin, yang artinya kebun botani dan binatang. Awalnya kebun binatang Surabaya didirikan di kaliondo. Susunan pengurus pertama kebun binatang Surabaya adalah ketua j.p moyman, sekretaris A.H. de wildt, bendahara P.egos.

Pada bulan September 1917 kebun binatang Surabaya berpindah lokasi di jalan groedo. Pada bulan april 1918 kebun binatang ini dibuka untuk umum dengan membayar tanda masuk. Pada 21 juli 1922 sempat di bubarkan akibat krisis keuangan. Pada 11 mei 1923 kepengurusan baru dibentuk. Tahun 1939 sampai sekarang luasnya meningkat menadi 15 hektar.

Setelah mengalami beberapa kali pergantian kepengurusan, pada tahun 2013 kebun binatang ini resmi menjadi perusahaan daerah taman satwa kebun binatang Surabaya sampai sekarang.

Tips ke kebun binatang Surabaya

Harus selalu awasi gerak gerik anak yang dibawa. Terutama saat dia sedang berinteraksi di dekat satwa. Selalu menjaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan, apalagi ke kandang satwa. Jangan memberikan makan pada satwa kecuali bagian dari program kebun binatang. Jangan mengganggu atau membuat binatang kaget, itu bisa membuat mereka sakit dan stress bahkan menyerang.

Kebun binatang Surabaya ternyata menyimpan banyak sekali berbagai macam sudut indah untuk di eksplorasi. Jangan lupa untuk cek web nahwatravel.co.id ya gaes. Jadi segeralah agendakan waktu anda untuk mengunjungi bersama keluarga, teman ataupun rekan kerja anda. Namun jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungannya demi kesehatan hewan di kebun binatang ini.

Selamat berlibur!