Pola Asuh Anak Disaat Berusia 2 Tahun

Pola asuh anak disaat anak kita berusia 2 tahun biasanya sedang aktif-aktifnya. Mereka banyak berulah dan bahkan tak bisa diam hingga membuat orangtuanya kualahan. Beberapa Psikolog anak berpendapat bahwa anak usia 2 – sampai 3 tahun masuk dalam periode usia emas perkembangan kehidupan manusia. Artinya pada tahap ini banyak aspek yang bisa meningkat pesat dan tak akan lagi terjadi pada usia-usia setelahnya. Pada usia 2 tahun balita akan belajar banyak tentang diri mereka. Oleh karena itu cara mengasuh anak usia 2 tahun perlu dipelajari lebih lanjut oleh orangtua saat ini. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua sebagai acuan pola asuh anak usia 2 tahun untuk tumbuh kembang anak yang normal.

Petama, keterampilan fisik. Dalam menerapkan pola asuh anak usia 2 tahun orangtua harus paham betul apa aktivitas kegemaran si kecil.  Biasanya diusia ini balita sudah aktif untuk berjalan maupun berlari. Selain itu si kecil juga senang diajak untuk bermain bola, menaiki tangga, bahkan melompat. Pada tahap ini juga balita akan siap belajar cara berpakaian dan melepaskan pakaian. Kendati demikian orangtua perlu waspada akan gerak gerik si kecil agar tidak jatuh hingga menyebabkan cidera.

Kedua, perkembangan kognitif. Tanda-tanda dari seorang balita dalam menunjukkan perkembangan kognitifnya adalah mereka suka menggambar ataupun menulis. Jika orangtua ingin mengasuh anak usia 2 tahun metode ini dapat diterapkan. Selain itu di usia 2 tahun si kecil masih merasa kesulitan membedakan hal yang nyata dan tidak. Untuk mengasah kognitifnya orangtua perlu menerapkan trik-trik khusus dalam pola asuh anak usia 2 tahun agar sikecil dapat tumbuh kembang lebih baik sesuai dengan usianya.

Ketiga, perkembangan Bahasa. Di usia ini memang benar balita akan belajar memahami dan menirukan kata-kata dengan sangat cepat. Untuk mengasah bicaranya orangtua harus menerapkan pola asuh anak usia 2 tahun dengan membiasakan si kecil mengenali lingkungan sekitarnya. Caranya ajak si kecil untuk bercerita mengenai lingkungan sekitarnya. Pada dasarnya balita usia 2 tahun mulai belajar tentang hubungan dan mengembangkan rasa empati namun belum siap untuk dibagi. Orangtua millennial perlu memahami dan mengerti penerapan pola asuh anak usia 2 tahun untuk diterapkan diera saat ini.  Perlu diingat bahwa anak balita membutuhkan banyak bimbingan dari pengasuh terutama orangtuanya