Rekomendasi Operator Internet Murah Cepat yang Cocok untuk Download Game PPSSPP

Rekomendasi Operator Internet Murah Cepat yang Cocok untuk Download Game PPSSPP Saat Mudik

TRI

Internetan, Tri Merajai Kami juga menguji layanan operator yang paling digandrungi masyarakat saat ini, yaitu mobile data. Tahun lalu, operator XL terbilang digdaya dan merajai mayoritas lokasi pengujian. Tahun ini ternyata cukup berbeda, karena operator Tri yang tampak menonjol. Kecepatan download operator Tri terlihat mendominasi di banyak lokasi, baik di jalur pantura maupun selatan. Kinerja bagus tersebut terlihat stabil dan hanya jelek di kota Purwokerto, di depan RSUD Margono. Berikutnya, kecepatan download yang bagus ditampilkan oleh Indosat, yang terlihat digdaya di jalur pantura, namun menjadi kesulitan selepas kota Yogyakarta ke arah Jakarta, yaitu di jalur selatan. Di Madiun, kami malah sempat berputar-putar ke banyak titik termasuk ke depan kantornya, untuk mendapatkan angka yang bisa ditampilkan. Pihak Indosat sendiri melalui Dirutnya, Alexander Rusli, mengakui bahwa mereka memang agak kesulitan menambah lokasi pemancar di jalur selatan ini. Dia menjanjikan, bulan September tahun ini, proses migrasi ini sudah selesai.

Posisi berikutnya ditempati operator XL yang bisa dikatakan stabil di kisaran angka download 1 Mbps, dan hanya mengalami kesulitan di kota Banyumas dan rest area Km97 tol Cipularang. Penggabungan Axis ke XL tampaknya membuat sibuk para insinyur di XL. Seperti pernah disampaikan manajemen XL ke SINYAL dalam acara Ramadan lalu, saat ini XL memang sedang melakukan penggabungan jaringan sehingga memungkinkan terjadi gangguan. Yang mengejutkan, operator Telkomsel yang selama ini dikenal paling stabil dan merata jangkauan sinyalnya, di musim mudik tahun ini hanya mencatat angka download mayoritas di angka 0.5 Mbps. Memang kekuatan sinyal Telkomsel ini paling stabil dan merata, tanpa pernah mengalami penurunan kinerja yang berarti, di kota mana pun. Namun, bagi pecinta Youtube, kecepatan 0.5 Mbps terbilang kurang lancar untuk menikmati video streaming

XL

Pengguna sosial media di Indonesia kini makin aktif. Tak hanya chating dan update status, mereka juga rajin posting foto-foto apa saja. Kejadian lucu sehari-hari, kecelakaan, pemandangan, menjadi hal wajib yang harus dibagi ke sahabat. Situs berbagi foto seperti Instagram makin ramai saja, seperti juga terlihat di akun @pixinyal yang makin banyak pesertanya. Jangan lupakan pula, update status di facebook dan twitter yang kini tak hanya sekedar kata-kata, tapi sudah sering menampilkan foto-foto. Belum lagi aplikasi chating seperti BBM, WhatApps, Line, juga sangat memudahkan berbagi foto antar anggotanya. Untuk upload foto-foto tersebut, dibutuhkan kinerja upload yang bagus.

Dari data yang didapat SINYAL lewat Speedtest, kinerja upload operator ini cukup berbeda dibandingkan kinerja downloadnya. Operator XL tampak paling nyaman dipakai untuk upload foto-foto ini dan menunjukkan angka upload yang paling tinggi, mengungguli operator Tri yang jagoan dalam kinerja download. Performa upload selanjutnya berkejaran antara Tri dan Indosat, dan tampak tidak stabil. Kadang mencapai angka upload tinggi, kadang sangat kesulitan bahkan hampir menyentuh angka nol. Adapun Telkomsel, kembali menunjukkan performanya yang stabil di kisaran sedang, dan tak pernah mencapai angka upload yang tinggi. ? Apa yang didapat? Secara ringkas, yang kami dapatkan dari Sinyal Digital Journey 2014 ini ada beberapa hal. Pertama, operator GSM sudah bagus dalam jangkauan (coverage).

Tapi untuk meningkatkan layanan kepada kenaikan pelanggan yang terus bertambah masih dirasa kureang – apalagi menangani lonjakan pemakai saat mudik – dibutuhkan kekuatan sinyal yang lebih baik. Makin sulitnya operator mendapatkan lokasi pendirian BTS baru, menghambat upaya perbaikan kinerja tersebut. Kedua, operator terlihat bersungguh-sungguh meningkatkan kapasitasnya dengan menggelar teknologi baru yang mampu menghantarkan data lebih banyak dan cepat. Ini terlihat dari banyaknya teknologi (DC)HSPA+ yang terdeteksi. Ketiga, operator juga menunjukkan kinerja yang baik untuk kecepatan downlad dan upload, yang sangat penting untuk melayani kebutuhan mobile data yang makin melonjak. Keempat, tingkat kinerja operator belum stabil dan menunjukkan angka yang sangat bervariasi tergantung lokasinya. Kelima, operator sudah memperhatikan kota-kota pinggiran, bukan hanya kota-kota besar saja, yang terlihat dari bagusnya kecepatan yang diperoleh di daerah pinggiran.

Sumber : Teknorus.com