Tidur Apakah Termasuk Syarat Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat yang begitu banyak keutamannya, karena inilah sholat yang dilakukan oleh nabi dan rasul, inilah sholat sunnah yang di lakukan oleh para sahabat radhiallahuanhum ajmain, dan inilah sholat sunah yang di lakukan oleh kebanyakan orang sholeh, juga sholat tahajud adalah ciri ketaqwaan seorang hamba kepada ALLAH subhanahuataala.

Keutamaan sholat tahajud adalah, akan di berikan sinar ketaqwaan pada wajah orang yang melaksanakan sholat tahajud, akan di mudahkan segala urusannya, baik urusan di dunia maupun urusan di akhirat, mendapatkan pahala yang sangat besar, yang mana sholat tahajud ini derajatnya hanya satu tingkat di bawah sholat wajib.

Dengan banyaknya keutamaan dan keistimewaan bagi orang yang melakukan amalan sunnah ini, maka jangan sampai di dalam hati kita tidak ada niat sama sekali untuk melaksanakan sholat tahajud, kalaupun saat ini kita belum bisa melaksanakannya karena berat, maka terus niatkan dalam hati dan berdoa kepada ALLAH agar di mudahkan untuk sholat tahajud, maka nanti suatu saat ALLAH akan mudahkan kita melaksanakan sholat tahajud.

Salah Kaprah Sholat Tahajud  Dengan Sholat Malam

Ada dua istilah untuk sholat tahajud ini, yaitu sholat malam atau qiyam mullail dan sholat tahajud, tapi apakah istilah ini merujuk kepada sholat yang sama atau pada hakekatnya sholat ini berbeda?.

Pada hakekatnya sholat tahajud dan qiyam mul lail adalah sholat sunnah yang di lakukan pada malam hari, tapi yang membedakannya adalah pada saat akan memulainya, apakah di dahului dengan tidur terlebih dahulu atau tidak.

Jika sholat malam yang di lakukan di dahului dengan tidur terlebih dahulu maka ini di namakan sholat tahajud, tapi kalau tidak di dahului dengan tidur terlebih dahulu maka disebut dengan qiyamul Lail biasa.

Syarat Sholat Tahajud

Tidur Apakah Termasuk Syarat Sholat Tahajud

Jadi, jawaban dari pertanyaan seperti di judul artikel ini, Tidur dahulu apakah termasuk syarat sholat tahajud, maka jawabannya adalah iya, syarat malam agar di sebut sebagai sholat tahajud adalah harus di dahului dengan tidur terlebih dahulu.

Pertanyaan selanjutnya yang sering  di sampaikan adalah, apakah pahalanya sama antara sholat tahajud dengan qiyammul  lail?, jawabannya tentu berbeda, sholat sunnah tahajud tentu lebih besar daripada qiyammul lail, tapi bukan berarti qiyammul lail pahalanya kecil, pahala qiyammul lail juga besar, tapi tidak sebesar sholat tahajud.

Setelah mengetahui tidur terlebih dahulu adalah syarat tahajud, maka sudah selayaknya kita sebagai seorang muslim jika akan tidur di malam hari menanamkan niat di dalam hatinya untuk bangun di malam hari guna melakukan amalan tahajud ini.

Jika khawatir tidak bisa bangun di malam hari, maka sebaiknya sebelum tidur sholat witir terlebih dahulu 1, 3 atau 5 rakaat, dengan tetap menanamkan niat di dalam hati untuk bangun pada sepertiga malam terakhir.